Cara Mengkonversi Dokumen Word (doc, odt) ke PDF di Linux

Cara Mengkonversi Dokumen Word (doc, odt) ke PDF di Linux. Sebuah dokumen sudah barang tentu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi yang bekerja di kantor. Terkadang ada beberapa kondisi yang mengharuskan untuk mengubah format sebuah dokumen kedalam format yang lain. Bahkan juga terkadang memerlukan mengubah file jpeg atau png menjadi file pdf juga. Yang paling sering adalah mengubah sebuah file dokumen (.doc) menjadi sebuah file pdf (.pdf).

Mengubah file doc menjadi file pdf memang mempunyai alasan yang penting. Salah satunya alasannya adalah agar sebuah dokumen tidak dibajak. Mungkin juga ada alasan lain yang berbeda-beda tergantung kepentingannya saja. 
Kali ini disini akan dibahas cara mengubah word ke pdf (mengubah file doc atau odt menjadi file pdf) di sistem operasi linux. Seberanya tidak hanya file word (.doc) saja yan bisa diubah ke file pdf tetapi file dokumen lainnya misalnya xls, .docx, .ppt, dll. juga bisa. Ada beberapa cara untuk mengubah file doc, xls, odt, dsb, ke file pdf. 

1. Dengan menggunakan Aplikasi LibreOffice
LibreOffice adalah salah satu aplikasi office alternatif dari Microsoft Office. Pagi pengguna linux juga tidak asing dengan aplikasi office yang satu ini. LibreOffice merupakan sebuah aplikasi office yang biasanya sudah ter-install bersama dengan sistem operasi linux. Dan yang terpenting adalah aplikasi ini cukup bagus untuk digunakan sehari-hari dan hal penting lainnya adalah gratis.

Bagi yang ingin mencoba LibreOffice silahkan berkunjung ke website resminya di https://www.libreoffice.org

Untuk mengubah file dokumen doc menjadi file pdf dengan menggunakan LibreOffice ini sangat mudah. Yang pertama pastikan sudah memiliki aplikasi LibreOffice ini. Buka file dokumen yang akan diubah menjadi file pdf. Setelah dokumen tersebut terbuka lakukan klik tombol menu file pada menu sebelah kiri atas, kemudian pilih export as. Disitu akan ada dua pilihan export as pdf dan export directly to pdf.

2. Dengan menginstal pdf-cups
Untuk pengguna linux khususnya ubuntu tentunya sudah tidak asing lagi dengan manajer paket yakni synaptic package manager. Dengan melalui synaptic package manager akan dapat menginstal aplikasi linux dengan sekaligus menginstal paketnya yang terdiri dari beberapa file pendukung software yang akan diinstal.

Website resmi pdf-cups https://www.cups-pdf.de

Setelah pdf-cups ter-install, anda bisa langsung melakukan konversi file dokumen (.doc) anda ke  printer pdf. Caranya sangat mudah seperti saat melakukan print dokumen ke printer. Hanya saja printer yang digunakan kali ini adalah printer yang hasil cetaknya berupa file pdf.

Demikian cara untuk mengkonversi dokumen (.doc, .odt) ke PDF di Linux. Semoga cara di atas dapat memudahkan Anda dalam mengubah file.
BERIKAN KOMENTAR ()