Sabtu, 29 September 2012

Sweeper untuk Membersihkan File Sampah

Sistem operasi yang kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari, tentunya akan menyimpan catatan aktivitas kita, seperti dokumen yang pernah dibuka, halaman web yang kita kunjungi, web page cookies, dll. Dan terkadang hal ini mengurangi space hard disk. File yang tersimpan ini sebenarnya tidak terlalu diperlukan dan bisa dibilang sebagai file sampah.

Untuk membersihkannya dengan mudah, dibutuhkan aplikasi yakni SWEEPER. Aplikasi ini berjalan untuk platform linux dan saya menggunakannya pada Linux Mint 13 Cinnamon.

Setiap kali menggunakan internet, saya selalu menghabiskan waktu yang lama dan tentunya telah membuka banyak halaman web. Histori penjelajahan saya dan cookies yang tersimpan terkadang mengurangi kapasitas hard disk. Biasanya setelah beberapa kali browsing menggunakan Firefox, saya selalu clean dengan SWEEPER. Hasilnya memang cukup bagus, setelah di clean bisa membebaskan space hard disk lebih dari 1 GB (ini karena tidak pernah di clean sebelumnya).

Ok, Bagi yang penasaran dengan aplikasi software ini, silahkan dicoba langsung saja. Untuk menginstal gunakan saya software manager atau menggunakan synaptic package manager.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar