Membuat Printer BIasa Menjadi Printer Wireless dengan Wireless Print Server : TL-WPS510U

 
Membuat Printer Biasa Menjadi Printer Wireless. Berbagai keunggulan, kemudahan dan kepraktisan saat menggunakan perangkat wireless. Apalagi bila menggunakan printer yang cukup besar dan berat untuk dipindahkan. Mungkin di rumah atau saat di kantor hanya memiliki printer biasa, tetapi terkadang harus berbagi printer bersama pengguna komputer lain atau juga mencetak dokumen dari laptop atau dari komputer lain yang tidak terhubung ke printer ataupun ke jaringan LAN rumah atau kantor yang ada network printernya.

Jika tidak menggunakan printer biasa tentunya akan diributkan dengan kabel-kabel dan harus memindahkan colokan kabel atau bahkan memindahkan printernya. Hal yang berbeda jika menggunakan printer yang bisa terhubung secara wireless atau biasanya disebut printer wifi. Dengan menggunakan printer wifi ini menjadi lebih mudah dan tidak ribet dengan kabel dan lokasi. Pencetakan dokumen bisa dilakukan dimanapun selama masih terjangkau oleh sinyal wifi.

Printer biasa memang murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan printer wifi yang memiliki kemampuan terhubung secara wireles. Jika Anda ingin memiliki printer wifi tetapi telah memiliki printer biasa, maka cara mudahnya adalah dengan menambahkan alat wireless print server.

Salah satu produk wireless print server adalah TP-Link Wireless Print Server TL-WPS510U. Dengan menggunakan alat ini kita bisa menjadikan printer lama yang masih menggunakan kabel menjadi wireless (tanpa kabel). Dalam penggunaan alat ini ada hal penting yang perlu diperhatikan yakni harus terhubung ke wifi router terlebih dahulu. Hal ini berarti Anda harus punya wireless router yang mana akan menyediakan hotspot wifi sehingga komputer, laptop serta wireless print server bisa terhubung ke jaringan wireless yang sama.


Fitur  TP-Link Wireless Print Server TL-WPS510U:
  • One USB2.0 High-speed Port 
  • IEEE 802.11g & 802.11b Standards
  • One 10/100Mbps Auto MDI/MDIX RJ-45 LAN Port
  • Support LPD / LPR (Standard TCP/IP Printer Port)
  • Support DHCP Client
  • Supports POST (Power On Self Test)
  • Provides 64/128 bits WEP Encryption, WPA/WPA2/WPA-PSK/WPA2-PSK Wireless Security
  • Support Windows 2000 / XP / 2003 / Vista, Windows 7,  Mac OS X 10 or Above, Linux
  • Web-based Management and Windows-based Utility
  • Supports Firmware Upgrade 
Bagi anda yang tertarik, silahkan baca dulu User Guide dari TP-Link Wireless Print Server TL-WPS510U
 
Demikian bagaimana menjadikan printer biasa menjadikan wireless. Semoga bermanfaat.
BERIKAN KOMENTAR ()