Sunday, June 12, 2011

Solusi PC Lambat Karena AntiVirus

Melindungi komputer dengan antivirus bukanlah sesuatu yang baru. Dengan perkembangan virus yang begitu pesat, penggunaan antivirus mutlak diperlukan. Penggunaan antivirus memang memberatkan resource pada sistem komputer kita, tetapi kita juga tidak bisa “membunuh” antivirus kita karena kita masih memmerlukannya.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasinya.
1. Mematikan autoprotect/autoscan pada antivirus.
Sebelum melakukan ini, pastikan anda telah men-scan seluruh sistem dan harddisk anda. Langkah ini hanya aman digunakan apabila komputer anda tidak sedang terhubung ke internet dan atau anda tidak menggunakan media penyimpanan eksternal seperti flashdisk, harddisk portable, dll. Dengan kata lain anda hanya bekerja dengan file internal di dalam komputer anda.
2. Pastikan AntiVirus anda sesuai dengan kebutuhan sistem yang disarankan.
Beberapa antivirus saat ini memerlukan kemampuan prosesor dual core. Sebaiknya anda tidak menggunakannya jika prosesor komputer anda hanya prosesor dengan teknologi pentium.
3. Minimalkan Startup Program
Terkadang kita memiliki beberapa aplikasi yang otomatis berjalan saat komputer kita start. Salah satunya antivirus dan mungkin beberapa aplikasi lain. Untuk antivirus kita memang butuh saat startup karena software antivirus akan men-scan sistem komputer pada saat awal start. Dengan berbagai macam program yang berjalan saat komputer start, maka akan memberatkan sistem dan menjadikannya lebih lambat. Anda bisa menonaktifkan beberapa program yang tidak dibutuhkan.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment