Sunday, June 12, 2011

Kiat Jeli Memilih Komponen PC

Merakit komputer sendiri sebenarnya mudah, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan, yakni pemilihan hardware. Beberapa hardware yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Memilih Motherboard

Motherboard keluaran terbaru patinya menggunakan chipset terbaru, terkadang masih memiliki beberapa bug. Jadi jangan terburu-buru untuk membeli yang terbaru. JIka anda tetap ingin menggunakan motherboard keluaran terbaru, carilah yang memiliki chipset satu tingkat dibawah, namun memiliki teknologi dan fitur terbaru. Atau anda boleh menggunakan chipset terbaru tetapi pastikan menggunakan revisi terbaru yang telah disempurnakan dari bug yang ada. Patikan anda membaca dulu spesifkasi pada kotak kemasan.

2. Memilih Prosesor

Clock Speed pada prosesor merupakan ukuran kehebatan prosesor tersebut. Sebenarnya kemampuan prosesor tidak hanya dilihat dari besar clock speed saja. Selain clock speed, anda juga perlu melihat model prosesor, FSB, cache, core pada prosesor. Patikan prosesor yang anda beli susuai dengan motherboard anda.

3. Memilih Kartu Grafis

RAM pada kartu grafis yang lebih besar akan lebih bagus. Demikian juga dengan clock chipset. Semakin tinggi clock chipset pada kartu grafis, maka akan semakin baik. Kartu grafis dengan memory 512 MB dengan clock chipset yang lebih besar akan lebih baik jika dibandingkan dengan kartu grafis dengan memory 1 GB dan clock chipset lebih rendah.

Untuk penggunaan aplikasi standar sebaiknya anda juga menggunakan kartu grafis yang standar, tetapi jika anda hendak menggunakan komputer anda untuk bermain game resolusi tinggi atau menjalankan aplikasi grafis dengan rendering, maka pilihlah kartu grafis yang berspesifikasi tinggi.

4. Memilih RAM

DDR terbaru tidak selalu lebih kencang. Pastikan keseuaian FSB pada porsesor dengan FSB DDR yang anda gunakan dan juga sesuaikan juga dengan FSB pada motherboard . Misalnya DDR2 533 akan maksimal bekerja dengan prosesor intel dengan FSB 533 atau diatasnya.

Kenali spesifikasi motherboard dan prosesor anda sebelum anda membeli RAM.

5. Memilih Harddisk

Apabila motherboard anda sudah mendukung SATA , maka lebih baik anda menggunakan harddisk SATA disamping kecepatan lebih tinggi (150MB/s) dari harddisk PATA, kabel yang digunakan pun lebih kecil sehingga tidak akan mengganggu airflow dalam casing. Kapasitas harddisk SATA pun lebih tinggi, mencapai ukuran TB (1000GB).

No comments:

Post a Comment