ASUS eeePC 1215P Netbook Murah, Ringan dan Langsing

computerdoctor-1215P-silver


Netbook adalah perangkat mobile yang lebih portable jika dibandingkan dengan laptop (notebook). Dengan bobot yang lebih ringan, lebih ramping dan daya tahan baterai yang lebih lama menjadikan netbook lebih unggul jika dibandingkan dengan  laptop (notebook).

Salah satu netbook yang menurut saya patut untuk dipertimbangkan adalah ASUS eeePC 1215P. Netbook ini menggunakan prosesor intel Atom N550 Dual Core 1,5 GHz. Intel atom memiliki keunggulan dari segi penggunaan daya yang lebih hemat tetapi tetap memiliki performance yang baik untuk menjalankan pekerjaan office dan multimedia.

Layar yang digunakan pada netbook ASUS eeePC 1215P ini pun sudah cukup lebar untuk ukuran sebuah netbook. Dengan menggunakan layar ukuran 12” tepatnya 12,1 inchi dengan resolusi 1366×768 pixel menjadikan netbook ini lebih memiliki lapang pandang yang lebih luas jika dibandingkan dengan netbook lain sekelasnya yang hanya memiliki layar 11 inchi.

Memori RAM yang digunakan pada Netbook ini sebesar 2 GB DDR3. Dengan memori RAM ini sangat cukup dan bahkan lebih jika digunakan untuk menjalankan sistem operasi Windows 7 dan juga menjalankan aplikasi office. Pertama kali saya beli netbook ini saya menginstalnya dengan sistem operasi Windows XP dan sistem operasi Linux. Dan saya tidak mengalami masalah yang berarti, yang penting lancar dan tidak lemot.


Hard Disk yang digunakan adalah hard disk yang berkapasitas 320GB dengan 5400 rpm. Dengan kapasitas ini akan dapat menampung sistem operasi  windows ataupun sistem operasi linux, serta masih cukup lega untuk dapat digunakan menampung file office dan file multimedia.

Untuk baterai yang digunakan pada netbook Asus eeePC ini adalah baterai lithium ion dengan kapasitas 48Wh yang berdasarkan pengalaman saya bisa bertahan selama kurang lebih 4 jam. Waktu charging untuk netbook ini juga tidak terlalu lama, hanya berkisar 2-3 jam sudah bisa mencapai 100%.

Yang paling menarik saya dari netbook ini adalah desainnya. Desain dari netbook ini cukup menarik, elegan dan tidak terkesan murahan. Apalagi yang warna silver menambah keelokan netbook ini. Satu lagi, layar yang 12 inchi. Netbook ini berbeda dengan netbook pada umumnya yang memberikan layar hanya 11 inchi. Layar 11 inchi menurut saya terlalu kecil dan kurang nyaman. Jika dibandingkan layar notebook (laptop) secara umum yang berukuran 14 inchi yang saya anggap masih terlalu besar, maka layar 12 inchi pada netbook ini kembali menjadi pilihan.

Berikut spesifikasi dari ASUS eeePC 1215P:
Intel® Atom™ N550-1.50 GHz Dual Core (1 MB L2 Cache, 667MHz FSB,Intel NM10 Express Chipset)
12.1" LED WXGA, 2 GB DDR3, 320GB HDD
LAN, WiFi, VGA Intel GMA 3150, Webcam
Card Reader, DOS, 6-Cell-Battery, Weight 1.45 kg
1 Year Limited Warranty by Authorized Distributor

Update: Saya membeli netbook Asus eeePC 1215P ini sejak 2010 dan masih saya pakai sampai saat ini (2018).

BERIKAN KOMENTAR ()