Monday, February 7, 2011

Tips Merawat Komputer

Berikut ada beberapa tips tentang merawat komputer yang bisa dilakukan dan mungkin akan berguna bagi anda:

  1. Tempatkan casing komputer dan monitor komputer di sebuah meja yang kokoh alias tidak bergoyang-goyang.
  2. Usahakan agar ruangan tempat menyimpan / melatakkan komputer bebas dari debu atau selalu dalam keadaan bersih, karena casing komputer memiliki beberapa fan atau kipas yang berfungsi untuk menyedot udara segar dari luar, yang tentunya otomatis debu-debu halus pun ikut tersedot jika ruangannya kotor.
  3. Sekitar 1-3 bulan sekali, buka casing komputer dan bersihkan semua komponen-komponennya dari debu menggunakan penyedot debu atau bisa juga menggunakan kuas halus, terutama debu-debu yang menumpuk di dalam fan dan heatsink.
  4. Jangan terlalu sering membongkar pasang beberapa komponen seperti RAM dan video card, kedua komponen ini berdasarkan pengalaman saya sering bermasalah jika terlalu sering dibongkar pasang, suka tidak ter-detect pada saat komputer dinyalakan, mungkin slotnya jadi longgar atau lempengan-lempengan tembaganya terkikis karena keseringan dibongkar pasang.
  5. Seminggu sekali bersihkan keyboard dan mouse dari debu menggunakan kuas, lap atau penyedot debu.
  6. Bersihkan layar monitor seminggu sekali agar selalu terlihat kinclong dan sedap dipandang mata.
  7. Bersihkan meja komputer dan ruangan komputer setiap hari, agar terlihat bersih dan rapi, sehingga kerja pun menjadi enak dan nyaman.

No comments:

Post a Comment