Minggu, 23 Januari 2011

Tips Mendinginkan Komputer Anda

Komputer dan panas merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dipisahkan, apalagi dengan jangka waktu pemakaian yang lama. Dengan panas yang dihasilkan akan dapat menurunkan performa komputer anda sehingga kinerjanya pun akan semakin menurun.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara untuk mendinginkan komputer anda. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan komputer anda ruang yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Aliran udara disekeliling casing komputer harus dapat mengalir dengan lancar dan bebas. Pastikan bagian kiri dan kanan, terutama bagian belakang casing komputer bebas dan tidak terhalangi oleh benda-benda lain.

Cara selanjutnya adalah bersihkan bagian dalam casing komputer secara periodik, mungkin sebulan sekali. Bersihkan debu-debu yang menempel di bagian dalam komputer teruma pada kipas pendingin. Bersihkan dengan menggunakan kuas atau lap pembersih. Debu yang menempel pada komponen-komponen komputer, misal chipset, akan menghalangi pelepasan panas. Pada kipas pendingin dengan debu yang tebal, akan dapat menghalangi kecepatan putaran kupas pendingin tersebut sehingga proses pendinginan tidak maksimal.

Anda juga boleh menambah kipas dalam casing komputer anda jika masih ada ruang yang mencukupi untuk dipasang. Anda bisa menambahkan pada bagian depan casing dan bagian belakang casing. Kipas dibagian belakang untuk menghisap udara keluar dari casing sedangkan yang di depan untuk menghisap udara masuk ke dalam casing. Dengan menambahkan kipas pendingin pada casing diharapkan udara panas yang terperangkap didalam casing bisa mengalir keluar dengan cepat.

Yang terakhir adalah dengan menggunakan pendingin ruangan/ AC pada ruangan dimana anda meletakkan komputer. Dengan menggunakan AC, udara akan menjadi lebih dingin dan secara otomatis akan membantu pendinginan pada komputer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar