Friday, December 24, 2010

Thermal Paste Berkualitas

Apa itu thermal paste? mungkin bagi yang suka mengutak-atik hardware komputer sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Thermal Paste adalah sejenis pasta yang digunakan pada permukaan prosesor dan heatsink. Pasta ini akan mengisi rongga antara permukaan prosesor dan heatsink sehingga panas dari prosesor akan tersalurkan lebih baik.

Sebenarnya dipasaran banyak tersedia thermal paste. Tetapi saya sarankan untuk menggunakan thermal paste yang "ber-merk" dan jangan yang murahan. Untuk thermal paste yang bermerk biasanya harganya diatas Rp. 50.000,-. Kenapa harus menggunakan yang bermerk? Salah satu alsannya adalah bahan. Bahan yang digunakan pada thermal paste yang bermerek pastinya lebih bagus, Terdapat beberapa macam thermal paste, tergantung dari bahan dasar apa pasta tersebut dibuat. Macam-macam bahan dasarnya antara lain:

  1. Keramik
  2. Logam
  3. Karbon
  4. Logam cair
Dengan menggunakan thermal paste yang baik maka overheating pada prosesor akan dapat dihindarkan, tetapi anda harus mengeluarkan uang lebih banyak jika ingin menggunakan thermal paste yang berkualitas baik.

No comments:

Post a Comment