Jumat, 26 November 2010

Thermaltake TMG IA1 – CPU Cooler Gagah dengan Cooling yang Baik



CPU cooler atau biasa dikenal de­ngan­ istilah HSF (heatsink fan) merupakan sebuah komponen di komputer yang berfungsi untuk menghantarkan panas dari inti CPU dan GPU untuk dilepaskan melalui bagian sirip. Semakin rendah suhu operasional CPU dan GPU, semakin baik performa heat­sink tersebut.

Kali ini CHIP berkesempatan  menguji salah satu CPU cooler dari Thermaltake, yaitu TMG IA1. Dilihat sekilas dari bentuk boksnya, produk ini mirip dengan Thermal-take Big Typhoon. Thermaltake TMG IA1 dikemas dengan boks yang besar karena bodinya yang lebar. Dimensinya ini menjadikan TMG IA1 terlihat gagah dan menawan. Bentuknya yang berbeda dari kebanyakan heatsink yang ada dipasaran menjadi daya tarik tersendiri.

Anda tidak perlu repot memasang fan dengan bracket kawat atau sebagainya, karena fan sudah langsung terpasang pada salah satu sisinya. Bagian base-nya tidak menggunakan teknologi HDT (Heat­pipe Direct Touch), melainkan hanya full copper base saja.  TMG IA1 dilengkapi pula dengan fan controller sehingga penggunanya dapat mengatur kecepatan putaran fan untuk membuang panas lebih baik. Perlu diingat, semakin kencang fan, akan semakin besar juga  suara bising yang dihasilkan.

Satu hal yang disayangkan adalah ketidakhadiran backplate dalam paket penjualan TMG IA1 ini. Backplate diperlukan untuk menjaga posisi heatsink agar lebih kokoh dan memudahkan pema­sa­ngan heatsink.

TMG IA1 mendukung penggu- naan Intel LGA 775, AMD  754, 939, dan AM2. Sebuah kabar gembira bagi Anda yang masih menggunakan sistem dengan­ CPU socket lawas. Namun, CPU cooler ini tidak mendukung socket Intel LGA 1156 dan 1366.




Buku manual yang diberikan dicetak dalam berbagai bahasa. Tentu saja ini akan memudahkan proses instalasi dan memasangan produk ini. Thermaltake juga memberikan High Thermal Conductivity Compund pada paket penjualannya.

Untuk pemasangan pada platform Intel, Thermaltake memberikan empat buah sekrup kecil untuk mengunci bagian dasar heatsink. Yang perlu diperhatikan, Anda perlu berhati-hati saat pemasangannya karena Thermaltake tidak menyediakan sekrup ekstra pada paket penjualan TMG IA1 ini.

CHIP mengalami sedikit kendala saat menggunakan heat­sink ini pada platform AMD. CHIP harus mengubah posisi bracket pada motherboard karena sebagian bodi TMG IA1 menutupi slot memory.

Awalnya, CHIP sempat meragukan kemampuan heatsink ini. Namun, saat pengujian pada platform AMD, TMG IA1 mampu meredam panas Phenom II X6 1090T yang merupakan prosesor six-core. Pada saat CPU berjalan pada 4,5 GHz dengan vcore 1,55 v, TMG IA1 mampu meredam panas full load  de­ngan­­ angka maksimum hanya mencapai 60°C.

Salah satu kunci keberhasilan CPU cooler ini dalam meredam panas adalah pada bagian base-nya yang full copper. Hal ini memberikan penyerapan panas yang optimal. Kehadiran empat buah copper heatpipe yang memiliki diameter 0,6 mm menjadikan panas yang diserap tersalurkan dengan baik. Tidak hanya itu, harganya pun terbilang menarik.

Sumber : chip.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar