Friday, November 26, 2010

MINIX 785G-SP128MB – ukuran minimalis, feature maksimal


Pada awalnya ,platform Mini-ITX mulai ramai dipergunakan ketika Intel memperkenalkan nettop sebagai miniPC. MiniPC memiliki keunggulan dalam konsumsi energi serta minimnya ruang yang dipergunakan untuk menempatkan casing Mini-ITX tersebut. Dalam platform nettop yang diciptakan, Intel memasang prosesor Intel Atom dual core yang diklaim memiliki kinerja lebih tinggi dibanding Intel Atom single core yang biasa dipergunakan di netbook. Walaupun diklaim memiliki performa yang lebih tinggi dibanding Intel Atom single core, banyak pengguna yang kecewa dengan performanya.

Banyak pengguna mengharapkan platform Mini-ITX yang memiliki performa tinggi. J&W mencoba menjawab kebutuhan ini melalui produknya, yaitu MINIX. MINIX sendiri merupakan penamaan yang diberikan oleh J&W untuk produknya yang berukuran mini seperti board Mini-ITX dan netbook


Pada board Mini-ITX ini, J&W menggunakan chipset AMD 785G dan southbridge SB710. Sebagai board AMD yang dimotori oleh chipset AMD785G, board ini juga memiliki onboard graphics yang berupa AMD Radeon 4200. Untuk menambah kekuatan onboard graphics tersebut, J&W juga menambahkan sideport memory sebesar 128 MB yang terletak berdekatan dengan soket prosesor. Hasilnya, board ini menghasilkan score 224 poin pada 3D Mark Vantage.

Sebagai solusi dari rendahnya onboard graphic  yang disediakan, J&W juga menyediakan sebuah slot PCIe 16x yang berjalan pada kecepatan 8x. Keterbatasan ukuran menjadikan peletakan Chipset serta southbridge berdekatan, sehingga keduanya hanya didinginkan oleh sebuah heatsink pasif yang berukuran besar. Selain itu, port yang disediakan juga terletak berdesakkan dengan port lainnya, salah satunya adalah port SATA. Selain letak port SATA yang saling berdekatan, jumlah port juga berkurang dari normalnya, yang semula 6 port menjadi hanya 4 port.

Ketika CHIP menguji board ini, terjadi keanehan yang cukup me­nge­jutkan. Board ini mampu hidup dengan prosesor AMD Phenom II X4 955BE yang memiliki rating TDP 140 W. Padahal dalam websitenya, board ini hanya dapat mendukung TDP 65 W. Kejutan dari board J&W juga terlihat dari BIOS yang disertakan. Dalam BIOS tersebut terdapat banyak opsi overclocking yang terbilang lengkap.

sumber:  chip.co.id

No comments:

Post a Comment