Jumat, 26 November 2010

Jetway M3A-880GP-LF – Motherboard mungil, Performa Tinggi



Jetway merupakan salah satu produsen motherboard yang dikenal cukup lama sebagai OEM produsen motherboard lain. Kali ini Jetway mencoba kembali meramaikan lineup motherboard yang dimotori oleh chipset AMD 880G de­ngan­ mengeluarkan board model number MA3-880GP-LF.

Walaupun Jetway telah menggunakan chipset AMD 880G yang masih terbilang baru, Jetway lebih memilih memasangkan chipset tersebut de­ngan­ southbridge yang telah cukup lama diluncurkan, yakni SB710. Sebagai konsekuensi pemilihan SB 710, board ini hanya mampu mendukung penggunaan SATA 2. Untuk output onboard graphics yang dimiliki oleh chipset AMD 880G, Jetway menyediakan port D-Sub, DVI, dan HDMI.  Sedangkan pada sisi audio, Jetway memberikan 5.1 channel audio yang dimotori oleh chip Realtek ALC662.



Sideport memory membantu kinerja onboard graphic motherboard ini.

Seperti kebanyakan board dengan­ chipset yang memiliki onboard graphics, Jetway merancang board ini dengan form factor micro ATX. Pemilihan form factor micro ATX terkadang membuat sebuah board memiliki layout yang terlihat sesak. Hal tersebut juga dialami oleh board ini. Board ini hanya dilengkapi dua buah slot RAM yang dapat menampung kapasitas RAM hingga 8 GB. Selain keterbatasan slot RAM, board ini juga menyediakan expansion slot yang terbatas. Untuk board ini, Jetway hanya menyertakan satu buah slot PCIe 16x dan dua buah slot PCI. Walaupun begitu, layout board ini patut diacungi jempol karena tidak adanya masalah terhadap slot yang saling menutupi atau berhimpitan seperti yang sering dialami board lainnya.

Pada tes yang CHIP lakukan terhadap board ini, di dapat hasil yang terbilang tinggi untuk ukuran board dengan chipset AMD 880G. Pada pengujian PC Mark Vantage, board ini mendapat score 7079 poin dan pada pengujian SysMark, board ini menghasilkan score 187. Sedangkan pada pengujian 3D Mark Vantage, AMD Radeon 4250 yang dimiliki board ini menghasilkan score 409 poin. Tentunya perolehan score setinggi itu tidak lepas dari peran sideport memory sebesar 128 MB yang Jetway sertakan untuk membantu kinerja onboard graphics board ini.

Walaupun memiliki performa yang sedemikian tinggi untuk ukuran board yang sekelas, Jetway hanya menyertakan bundel yang terbilang minim. Bundel yang disertakan adalah dua buah SATA cable, driver, dan secarik kertas yang berisi spesifikasi dan layout diagram dari board ini.


Sumber: chip.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar