Senin, 18 Oktober 2010

Persiapan Menjadi Maintenance Komputer


Belajar komputer dengan rakit, rawat dan perbaiki sendiri komputer? Why not?, yang terpenting adalah mau berusaha. Jangan biarkan diri anda menyesal selamanya hanya gara-gara anda kehilangan kendali atas komputer anda. Sudah menggunakan jasa teknisi tetapi masih tidak memuaskan juga. Ungkapan para teknisi “kalau mau hasil yang terbaik, kerjakanlah sendiri”, bisa jadi banyak benarnya. Benarkah? Sangat benar dan sangat bisa  sejauh anda mau. Belajarlah mengerjakan maintenance komputer.

Ini saya bandingkan dengan pengalaman pribadi. Saya tidak memiliki pendidikan formal mengenai komputer, tetapi bisa mempelajari komputer dan lain-lain bahkan bisa merakit komputer sendiri. Dan saya sangat yakin anda pun pasti bisa.

Berikut ini langkah-langkah persiapan sebelum anda belajar jadi teknisi atas komputer sendiri;
  1. Kemauan. Apapun yang ingin dikerjakan menjadi mungkin jika anda mengambil mindset pikiran “bisa” dikerjakan. Nah begitu juga dalam maintenance komputer anda bisa sejauh berpikir bisa dan mau berusaha.
  2. Amankan My Documents. Secara default My Documents akan tersimpan di drive C:. Supaya data dan pekerjaan anda yang ada di My Documents aman,  maka lokasi My Documents ini harus digandakan pada lokasi Drive D; atau tempat lain. Caranya adalah klik kanan pada ikon My Documents lalu pilih [Properties]. Pilih tab [Target] untuk windows XP dan [Location] untuk Windows Vista. Klik [Move...] lalu silahkan cari pada drive mana folder ini akan diduplikasi,  kalau sudah dibuatkan tempatnya klik [Ok].biasanya orang memilih dan membuatkan folder duplikasinya di drive D. Nah sekarang jika komputer diformat ulang sistemnya, data My Documents tidak akan hilang.
  3. Siapkan tenaga cadangan. Pastikan anda mempunyai orang yang bisa membantu anda jika anda mengalami kegagalan ringan dalam proses belajar bongkar pasang komputer. Artinya harus ada orang yang bersedia membantu tetapi jika tidak ada maka pilihan terakhir adalah jasa teknisi.
  4. Kepercayaan Diri. Percayalah bahwa anda bisa belajar dan jangan katakan takut menanggung resiko yang penting sudah ada persiapan antisipasi sebelumnya. Jangan takut menghadapi Layar Hitam komputer anda. Biasanya pemula servis komputer selalu gugup jika layar masih hitam atau biru dan biasanya akan tenang kembali setelah komputer masuk Desktop.
  5. Siapkan kamus kecil. Jika anda benar-benar pemula untuk mereparasi komputer, sebisanya ada kamus inggris walaupun yang sederhana saja. Biasanya ada istilah-istilah yang membutuhkan kamus.
  6. Siapkan Tool yang diperlukan. Biasanya siapkan 1 tas tool servis yang berisi obeng, tang kuas pembersih dan kawan-kawan. Biasanya cukup dengan satu obeng kecil saa untuk memperbaiki kerusakan ringan
  7. Siapkan Catatan. Jika anda belum terbiasa membuka Casing komputer, maka ketika membukanya silahkan catat, sekrup dan perangkat ini dimana posisi atau kabel yang ini dimana posisinya.
  8. Cari cara membuka dan memasang. Walaupun tadi saya katakan jangan takut resiko tetapi anda harus tetap hati-hati jika membuka dan memasang perangkat keras. Di internet sangat banyak pedoman membuka dan memasang kembali perangkat keras komputer.
  9. Keamanan Perangkat. Tidak diperkenankan memegang area solderan pada perangkat yang anda buka. Anda hanya boleh memegang komponennya tetapi daerah bawahnya (daerah solderan) tidak boleh karena tangan anda mengandung listrik yang bisa merusak komponen.
  10. Berpikir sebelum bertindak. Jangan buru-buru mengambil keputusan, artinya berpikirlah dulu sebelum mengambil keputusan. Tindakan tanpa berpikir dalam dunia teknisi adalah kebodohan yang harus dibayar mahal.
  11. Miliki Logika elektronika. Seandainya suatu siang anda berniat menyalakan lampu ruang tamu dan ternyata lampu tersebut tidak menyala, mana yang akan anda periksa duluan? Jangan buru-buru membeli lampu baru, tetapi pastikan dulu bahwa meteran dan sakelar lampu berfungsi baik barulah menyimpulkan dimana kerusakannya. Inilah yang saya maksud logika elektronika.
  12. Jangan ragu bertanya. bertanya adalah jawaban atas setiap kesulitan.
Sebenarnya masih banyak persiapan lain yang diperlukan tapi saya pikir ini sudah cukup dan jika anda mencermatinya dengan baik, maka langkah awal sudah anda miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar