Tuesday, October 19, 2010

MENGAPA KOMPUTER HANG?


Komputer hang atau crash dapat dapat terjadi karena beberapa alasan,

Anda bisa masalah ini walaupun terkadang sulit dan juga harus telaten. Namun, jika masalah ini tidak anda atasi, mungkin saja akan terulang pada kesempatan berikutnya.

Masalah penyebab komputer hang ini ada pada dua hal utama yaitu hardware dan software. Jika software yang jadi penyebabnya maka masih ada 2 kemungkinan lagi yaitu masalah windows  ataukah masalah software lain, atau bisa juga karena kombinasi masalah antara software aplikasi dengan windows.

Sebenarnya ada kemiripan antara komputer hang dengan blue screen of dead. Keduanya menyebabkan komputer tidak menanggapi perintah kita. Bedanya adalah kalau blue screen of dead layar jadi biru dan meninggalkan pesan tertentu, sedangkan komputer crash adalah berhenti begitu saja dengan menyisakan layar terakhir yang bisa muncul.

Jika itu terjadi, apa yang seharusnya Anda lakukan untuk mengatasi komputer hang ?
  1. Ketika komputer hang, jangan panik. Duduklah dengab tenang dan ingat-ingat adakah perubahan yang Anda lakukan atau adakah peristiwa yang kemungkinan menjadi penyebabnya.
  2. Penambahan hardware. Adakah hardware yang Anda tambahkan sebelum itu terjadi? Jika ada berarti tidak salah lagi hardware itu yang jadi penyebabnya. Keluarkan hardware tersebut.
  3. Goncangan fisik keras pada komputer. Jika ada goncangan yang baru saja terjadi pada komputer maka itu juga bisa jadi penyebabnya. Itu berarti bahwa ada hardware yang bergeser dari kedudukannya, misalnya hard disk. Untuk pekerjaan ini Anda harus membuka casing komputer.
  4. Ada kemungkinan ketika kita mengupgrade windows, ada driver yang tidak kompatibel lagi sehingga driver tersebut dianggap sudah kuno oleh sistem operasi. Untuk keperluan ini Anda harusnya surfing internet untuk menemukannya.
  5. Bad random access memory (RAM) modul juga dapat menyebabkan komputer hang, ini sudah saya bahas pada artikel Tanda-Tanda Kerusakan Memory Komputer. Ada kemungkinan RAM rusak karena overheating. Penempatan memori yang tidak tepat juga harus dicurigai. Perbaiki kedudukan memori pada tempatnya.
  6. Masalah hard disk. Sebuah hard drive rusak atau terfragmentasi dapat menyebabkan masalah ini sehingga hard drive harus secara teratur di-defrag. Berapa sering hard disk didefrag? Saya biasa melakukannya sebulan sekali, full defrag.
  7. Kesalahan pada setting BIOS misalnya melakukan overclocking juga dapat menyebabkan masalah komputer hang. Jika Anda melakukan overclocking ketika komputer hang, kembalikan dulu ke posisi normal
  8. Perangkat lunak tambahan pihak ketiga, atau software yang berasal dari luar Microsoft ®, dapat menyebabkan komputer macet oleh konflik dengan program lain atau dengan sistem operasi itu sendiri. Kadang-kadang file patch tersedia dari situs web pihak ketiga yang bersangkutan bisa memperbaiki masalah. Adakah software tambahan yang baru saja Anda install? Jika ada, itu mencurigakan jadi penyebabnya.
  9. Jika semua yang saya sebutkan diatas Anda yakin bukan sebagai penyebabnya, maka kecurigaan kita yang terakhir adalah virus, trojan, worm dan kawan-kawannya. Scan komputer Anda dan pastikan bersih dari virus.

No comments:

Post a Comment