Monday, October 18, 2010

Kode Beep Pada Kerusakan Hardware Komputer


Ketika saya mulai memperbaiki komputer rusak, sekitar 90% dari masalah yang saya lihat sebenarnya adalah terkait perangkat lunak. Sebagian besar masalah utama dengan komputer rusak yang saya temukan cenderung karena terlalu banyak program loading ketika start up. Semua program-program kecil ditambahkan dan memakan hampir semua sumber daya sistem baik listrik maupun, bandwith maupun space. Sesekali saya juga menemukan komputer mati total karena kerusakan hardware.

Ketika menemukan komputer rusak dan saya yakin itu rusak hardware, hal pertama yang saya lakukan ketika menyalakan komputer adalah mendengarkan bunyi beep pada komputer. Sayang sekali ada Motherboard tertentu yang tidak mempunyai speaker monitoring tersebut. Padahal dari bunyi beep itu komputer sebenarnya sedang mencoba untuk berbicara dengan operator/teknisi dan memberitahu mereka apa yang salah.

Dalam pengamatan komponen komputer dan membaca dari literatur tertentu, saya menemukan bahwa hampir semua motherboard mematuhi kode bip BIOS IBM standar. Tetapi beberapa OEM telah mengembangkan sendiri atau menggunakan Phoenix atau kode beep AMI, namun untuk sebagian besar produsen motherboard yang menggunakan IBM kode beep dibawah ini masih berlaku.

Kode bunyi beep kerusakan komputer;
  • Tidak ada Beep = Tidak ada power, CPU/MB rusak, Peripherals rusak
  • Satu kali Beep pendek =  Semua normal pada POST berjalan baik
  • Dua kali Beep = Kesalahan POST/CMOS
  • Satu Beep panjang, satu Beep pendek = Masalah Motherboard
  • Satu Beep panjang, dua Beep pendek = Masalah Video
  • Satu Beep panjang, tiga Beep pendek = Masalah Video
  • Tiga Beep panjang = Keyboard Error
  • Beep Panjang Berulang-ulang = Memory Error
  • Terus-menerus Hi-Lo Beep =  CPU mengalami Overheating
Dari mana mulai menghitung beep? Jika Anda menekan tombol power maka perhitungan beep dimulai pada bunyi pertama. Jika Anda telah melakukan perubahan pada komputer rusak, restart kembali untuk mendengar perubahannya. Walaupun karena perbedaan Motherboard bunyi bisa berubah, namun kepekaan Anda terhadap kode beep diatas akan melatih Anda untuk lebih berpengalaman. Artinya ketika akan memperbaiki komputer, kenali lebih dahulu merek Motherboard komputer tersebut.
 
CATATAN; Jika tidak ada beep, periksa apakah komputer mempunyai speaker monitoring internal.

No comments:

Post a Comment